10 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Jakarta – Jika mendengar kata ‘Jakarta’ yang ada di benak kita adalah kemacetan, banjir, polusi, dan kebisingan metropolitan. Namun siapa sangka Kota Jakarta memiliki daya pikat yang begitu menarik bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Ya, ada banyak destinasi tempat wisata yang patut sobat kunjungi ketika sedang berada di Jakarta. Beberapa tempat yang tak asing di telinga kita adalah Ancol, TMII, dan Dufan. Namun ada juga lho tempat wisata lain di Jakarta yang tak kalah menarik untuk di jadikan pilihan destinasi liburan bersama keluarga.

Mau tau ada tempat wisata menarik apa saja di Jakarta? Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Jakarta yang wajib untuk dijelajahi saat Anda berkunjung ke ibu kota negara Indonesia ini:

Baca Juga: Perhatikan! Begini Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Agar Selamat di Tujuan

#1 Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra, atau dikenal juga dengan nama Gelanggang Samudra, adalah tempat wisata di Jakarta yang bertemakan laut dan berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Gelanggang Samudra menawarkan atraksi hewan-hewan seperti lumba-lumba dan singa laut, Taman Surga Burung, pertunjukan menegangkan seperti Scorpion Rides, hingga wahana bermain seperti Ubur-Ubur dan Boto-Boto.

Ocean Dream Samudra memiliki fasilitas wisata lengkap, di antaranya beberapa pusat kuliner, tempat ibadah, toilet, dan klinik. Kios minuman dan es krim juga ada di beberapa titik di area tempat wisata di Jakarta ini. Ada juga jalur jalan kaki yang cukup luas di antara tiap wahana, lengkap dengan pepohonan dan taman, sehingga memberi kenyamanan untuk keluarga yang sedang menikmati libur di tempat wisata di Jakarta yang satu ini.

#2 Allianz Ecopark

Allianz Ecopark, atau dikenal juga dengan nama Ocean Ecopark, adalah taman wisata alam dan keluarga di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Taman ini dikelilingi pepohonan rindang dan sungai yang asri. Selain itu, terdapat jalur untuk berolahraga, taman bermain, danau wisata, kebun binatang mini, gazebo untuk santai, serta kano dan perahu kayuh.

Pengunjung bisa bermain sambil belajar di tempat-tempat seperti Rumah Lebah, Faunaland, dan Rumah Energi. Outbondholic serta arena paintball juga akan memberi kesenangan seru untuk semua umur. Ada juga Learning Farm yang menawarkan paket belajar bercocok tanam untuk anak-anak. Fasilitas Eco-market dan kedai makanan pun akan melengkapi keseruan di tempat wisata di Jakarta ini.

#3 Alive Museum

Berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Alive Museum adalah jaringan museum visual unik dari Korea yang menghadirkan patung lilin tokoh-tokoh terkenal, mirip dengan Museum Madam Tussaud yang berada di Bangkok, Hong Kong, China, Jepang, dan Singapura.

Berbagai patung tersebut menggambarkan tokoh dunia hiburan terkenal, mulai dari penyanyi pop Korea hingga penyanyi barat ternama dan bintang Hollywood. Ada juga koleksi ilusi visual dengan gambar-gambar kreatif, sehingga tempat wisata ini cocok untuk mengisi album Instagram Anda.

#4 Pantai Marunda

Pantai Marunda sering kali menjadi tujuan wisata warga lokal di Jakarta Utara, dengan nuansa yang lebih sederhana ketimbang Ancol. Pemandangan di tempat wisata di Jakarta Utara ini cukup indah, dan suasananya relatif tidak ramai. Daya tarik utamanya adalah objek wisata sejarah yang berada di dekatnya, yaitu rumah pahlawan Betawai Si Pitung serta Masjid Al-Alam.

Pantai Marunda bisa dikunjungi kapan saja secara gratis. Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menyusuri garis pantai, dengan tarif yang relatif murah (pastikan untuk menyepakati tarif sebelum naik). Pengunjung yang tidak mengemudi sendiri bisa naik angkutan umum rute Priok – Cilincing, disambung dengan angkutan lokal nomor KWK U05 (warna merah). Berhenti di depan bangunan STIP, lalu jalan kaki hingga mencapai pantai.

Baca Juga:Inilah 5 Tempat Wisata Di Puncak Terbaik yang Tak Boleh Anda Lewatkan

#5 Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk juga berlokasi di sekitar Pantai Indah Kapuk. Area ini berupa hutan bakau yang dikelilingi perairan. Pengunjung bisa naik perahu bersama pemandu untuk melihat pemandangan hutan bakau, serta menemukan biawak yang banyak berkeliaran di area tersebut. Pengunjung juga bisa menikmati kesejukan hutan bakau sambil berjalan menyusuri jembatan.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti restoran, penginapan bergaya tradisional, dan tempat bersantai. Pengunjung juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau, cukup dengan membayar biaya murah untuk satu bibit. Menanam pohon juga sering menjadi kegiatan wisata kelompok, misalnya di kalangan siswa sekolah, mahasiswa, atau karyawan.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

#6 Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah tujuan wisata keluarga dan edukasi yang cocok untuk semua umur. Ragunan tidak hanya menyimpan koleksi lebih dari 290 spesies hewan, tetapi juga berbagai fasilitas hiburan serta pendidikan.

Saat ini, Ragunan memiliki Dunia Orang Utan serta Pusat Primata Schmutzer, fasilitas edukasi tentang primata. Selain museum serta pusat informasi, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan orang utan hidup. Ada juga taman bermain serta Children Zoo, yaitu kebun binatang mini tempat anak-anak bisa berinteraksi dengan hewan-hewan jinak kecil.

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang satu ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga 16:00. Lokasi kebun binatang ini cukup strategis, dan dapat dicapai dengan Trans Jakarta, angkutan umum, maupun berbagai macam transportasi online.

#7 Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia adalah museum di Jakarta Pusat yang menyimpan koleksi prasasti, arca, senjata tradisional, tekstil, gerabah, manuskrip, hasil penggalian arkeologis, serta benda kuno lainnya dari berbagai wilayah Nusantara. Tempat wisata di Jakarta Pusat ini berdiri sejak tahun 1778, dan kini terkenal sebagai salah satu museum terbesar di Asia Tenggara. Museum Nasional juga dikenal sebagai “Museum Gajah”, karena patung gajah yang ada di halamannya.

Museum Nasional Indonesia menawarkan kegiatan edukasi seni dan sejarah bagi masyarakat setiap akhir pekan. Pengunjung bisa belajar tari tradisional dan membatik, atau menonton pentas seni serta dongeng. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini buka sejak pukul 08:30 hingga 16:00, tetapi pada hari Jumat, museum ini tutup pada pukul 11:30. Selain itu, Museum Nasional juga tidak beroperasi pada hari Senin.

#8 Museum Fatahillah

Museum Fatahillah adalah nama populer untuk Museum Sejarah Jakarta. Berdiri sejak tahun 1712, tempat wisata di Jakarta ini menyimpan benda-benda peninggalan era Kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara, koleksi becak dari berbagai era, produk kebudayaan Betawai, dan peninggalan sejarah era kolonial. Ada juga koleksi perabot kuno dengan berbagai gaya, mulai dari Jawa, Tiongkok, hingga Belanda.

Museum Fatahillah juga memiliki program edukasi sejarah dan budaya, seperti misalnya Program Kesenian Nusantara, seminar museum sejarah, hingga kegiatan rekonstruksi sejarah. Museum ini juga populer sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangan latar belakang foto yang ditawarkan sangatlah khas. Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari kecuali Senin, dari pukul 09:00 hingga 17:00.

Pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa naik KRL atau bus Trans Jakarta jurusan Kota, turun di Stasiun Kota, lalu jalan kaki sedikit untuk menuju ke kawasan Kota Tua.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

#9 Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu pulau paling terkenal di gugusan Kepulauan Seribu, yang berada di lepas pantai Jakarta. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, Tidung Besar dan Tidung Kecil, dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta menghubungkan mereka. Jembatan tersebut sering menjadi tempat berfoto serta melihat matahari terbenam.

Di Tidung Besar, pengunjung dapat menemukan homestay, warung makan, dan tempat penyewaan sepeda yang dikelola penduduk setempat. Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni, namun memiliki hutan bakau dan kerap menjadi lokasi penelitian balai konservasi. Pengunjung bisa naik kapal cepat dari Dermaga Muara Angke untuk mencapai tempat wisata di Jakarta yang satu ini.

#10 Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah pulau kecil di Kepulauan Seribu yang terkenal sebagai area konservasi alam. Pulau ini memiliki hutan bakau, berbagai pohon langka seperti santigi dan kepuh, serta hewan-hewan seperti rusa totol, lumba-lumba, dan elang. Pulau ini juga memiliki area resort apung, lengkap dengan kabin-kabin kayu bergaya tradisional yang berdiri di atas tonggak-tonggak di air.

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau yang pernah dijadikan pos pengawas oleh militer Belanda. Penyuka wisata sejarah bisa mengunjungi reruntuhan benteng dan pos pengawas di pulau ini. Pengunjung bisa naik kapal dari Pantai Marina Ancol untuk mencapai tempat wisata di Jakarta yang satu ini.

Nah itulah 10 destinasi liburan di Jakarta yang wajib sobat kunjungi bersama keluarga. Apakah sudah siap untuk berlibur minggu ini?

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

 

Close Menu
Open chat
Butuh Bantuan? Konsultasi Gratis Disini
Halo, Ada yang Bisa Kami Bantu?