Apa Bedanya Oli Mobil Manual dan Matic?

Apa Bedanya Oli Mobil Manual dan Matic?

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mesin supaya tidak bergesekan secara langsung. Namun tahukah sobat jika ada perbedaan antara oli mobil manual dan matic?

Pada mobil manual, oli hanya berfungsi sebagai pelumas untuk komponen mesin. Sedangkan pada mobil matic, oli bukan hanya sebagai pelumas saja, namun juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatisnya.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Awet

Perbedaan Oli Mobil Manual dan Matic

Perbedaan mendasar antara oli mobil matic dengan manual ini tentunya bisa terlihat dari sistem kerjanya.

Pada umumnya oli pada Mobil matic menggunakan jenis WS, T-IV, ATV dan juga CVTF. Sedangkan pada Mobil matic yang perilisannya pada tahun 2000-an ke atas menggunakan oli transmisi dengan tipe Dextron VI. Nah untuk menentukan oli mana yang terbaik, sobat bisa melihat pada buku panduan manual. Ini penting untuk menjaga peforma mobil agar tetap stabil.

Dari situ sudah terlihat bukan perbedaan antara oli Mobil manual dan matic. Yang mana untuk fungsinya lebih cenderung banyak pada Mobil matic. PDalam melakukan pergantian oli pada Mobil matic terdapat 2 istilah yang perlu diperhatikan, yakni ganti dan kuras oli transmisi.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

 

Lalu Apa Perbedaan Kedua Istilah Ini?

  • Istilah ganti oli transmisi, berarti pihak bengkel akan membuka baut yang terdapat pada karter gearbos sehingga oli yang terbuang hanyalah oli transmisi yang terdapat di dalam karter gearbox. Biasanya daya tampung yang terdapat pada gearbox ini sekitar 3-4 liter.
  • Kuras oli transmisi, hal ini berarti pihak bengkel akan menguras seluruh oli transmisi yang terdapat di dalam mesin. Proses pengurasannya Anda bisa memilih apakah dengan menggunakan cara manual atau menggunakan alat khusus yang biasa disebut dengan ATF Changer. Biasanya oli yang dikeluarkan sebanyak 7 hingga 10 liter.

 

Setelah mengetahui perbedaan antara oli mobil manual dan matic, apakah boleh menggunakan oli transmisi manual untuk Mobil matic atau sebaliknya?

Oli transmisi otomatic harus menggerakan torque converter sehingga poros transmisi bisa bergerak. Jadi dibutuhkan oli yang viskositasnya encer.

Selain itu kekentalan yang dimiliki antara keduanya juga berbeda, untuk Mobil matic mempunyai oli yang lebih encer. Dan kebanyakan oli transmisi manual lebih kental bila dibandingkan oli khusus transmisi otomatic. Jadi bila transmisi otomatic diisi dengan oli transmisi manual, kinerjanya akan lebih berat.

Itulah perbedaan antara oli mobil manual dan matic, semoga bermanfaat ya sobat.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

Close Menu
Open chat
Butuh Bantuan? Konsultasi Gratis Disini
Halo, Ada yang Bisa Kami Bantu?