Perlukah Melakukan Spooring dan Balancing Setiap 10.000 km?

Perlukah Melakukan Spooring dan Balancing Setiap 10.000 km?

Menjaga peforma mobil agar tetap stabil merupakan kewajiban bagi pemilik. Apalagi sobat menggunakannya untuk mendukung aktifitas harian seperti bekerja, liburan, atau keperluan lainnya. Untuk itu sobat perlu melakukan perawatan secara berkala yang dalam hal ini adalah Spooring dan Balancing.

Mengapa Spooring dan Balancing Penting Dilakukan?

Spooring bertujuan untuk membuat ban mobil kembali seperti semula sehingga bagian depan dan belakang dapat seimbang.

Sedangkan untuk balancing merupakan proses yang dilakukan untuk menyamakan berat dari semua roda pada kendaraan. Tujuannya supaya ban dapat berputar dengan baik. Dan alat yang digunakan biasanya memakai besi kecil yang berfungsi untuk menyeimbangkan berat dari pelek dan ban. Umumnya yang dipakai adalah bersi yang nantinya akan ditempelkan pada pelek supaya roda bisa seimbang dengan sempurna.

Baca Juga: Apa Bedanya Oli Mobil Manual dan Matic?

Melakukan  spooring dan balancing juga berguna untuk membuat tingkat keausan ban dapat merata dan laju kendaraan tetap lurus tidak serong ke kanan atau ke kiri.

Mengapa Perlu Dikukan Spooring dan Balancing Setiap 10.000 Km?

Sobat tentu sudah mengetahui kan betapa pentingnya melakukan spooring dan balancing ini. Nah untuk perawatan di bagian ini pemilik atau pengendara perlu melakukan servis secara rutin setiap mencapai 10.000 kilometer.

Apabila tidak dilakukan dengan tertib maka akibatnya bisa membuat kondisi mobil menjadi semakin buruk. Selain itu dampaknya kerusakan bisa melebar ke bagian lain sehingga biaya perbaikan menjadi lebih mahal.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

Namun melakukan spooring dan balancing pada saat kendaraan menempuh 10.000 kilometer bukanlah hal yang wajib. Apabila kendaraan Suzuki dan lainnya yang dimiliki dipakai untuk melintasi jalanan yang normal. Apalagi setiap kendaraan sudah didesain sedemikian rupa oleh pihak pabrikan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara dan penumpangnya.

Tidak hanya itu saja, terdapat gejala yang bisa saja terasa menandakan bahwa mobil perlu dilakukan spooring ataupun balancing. Gejala akan timbul bisa di setir getar saat kecepatan tertentu. Begitu juga untuk bodi kendaraan akan bergetar di kecepatan tertentu.

Gejala lainnya adalah ketika sedang melintasi jalanan lurus namun mobil akan bergerak menuju arah kanan ataupun kiri. Sehingga jika dibiarkan dapat memicu terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itulah melakukan spooring dan balancing setiap 6 bulan sekali atau tiap 10.000 kilometer perlu dilakukan.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

Close Menu
Open chat
Butuh Bantuan? Konsultasi Gratis Disini
Halo, Ada yang Bisa Kami Bantu?