Langsung Mahir! Cara Mengemudikan Mobil Mundur, Lurus dan Berbelok

Langsung Mahir! Cara Mengemudikan Mobil Mundur, Lurus dan Berbelok

Cara Mengemudi Mobil Mundur, Lurus dan Berbelok – Kalau sobat melihat orang lain mengendarai mobil pasti terlihat mudah ya, padahal saat sobat mencoba untuk mengendarainya ternyata tak semudah yang dilihat dan dibayangkan. Sebenaranya itulah yang dulu sobat rasakan waktu pertama kali belajar naik sepeda dan motor. Rasanya kagok karena belum terbiasa.

Sama halnya dengan mengendarai mobil, sobat hanya perlu latihan secara rutin. Meskipun ada teknik-teknik tertentu yang perlu sobat kuasai, tapi semua itu tetap bisa dipelajari, yang terpenting adalah niat.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

Lalu Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Mundur, Lurus dan Berbelok?

Terdapat tehnik yang harus dipelajari supaya tidak terjadi masalah seperti menabrak sudut belokan ataupun terlalu lurus ke belakang hingga menabrak sesuatu. Berikut ini adalah caranya:

Pertama, Mengemudi Mobil mundur dan lurus

Walaupun terlihat mudah, namun jika tidak fokus dan konsentrasi mengemudikan mobil mundur dan lurus ini bisa menimbulkan satu masalah. Saat mengemudi mobil mundur maka yang perlu sobat perhatikan adalah kaca spion sebelah kiri.

Meskipun terdapat spion kanan namun perhatian yang lebih bagian kiri. Hal tersebut dikarenakan bagian Mobil bagian kiri yang berhadapan langsung dengan bahu jalan. Kalau bagian kanan itu jalanan yang masih lebar meskipun jalan untuk Mobil arah berlawanan jika jalanan yang dua arah.

Baca Juga : Ini Cara Atasi Knalpot Mobil Kemasukan Air Saat Banjir

Selain itu sobat juga perlu memeriksa spion terlebih dahulu, apakah sudah dalam posisi yang benar atau belum. Posisi yang tepat adalah pada kaca spion terlihat bagian Mobil belakang kira-kira setengah dari badan Mobil. Sobat bisa lakukan latihan di tempat yang sepi yang tidak berbahaya terlebih dahulu ya, jangan langsung ke jalan raya yang ramai.

Kedua, Mengemudi Mobil mundur membelok

Latihan selanjutnya adalah membelok ke kiri dengan Mobil bergerak mundur. Hal ini bisa terbilang susah, karena sangat berbeda dengan jalanan yang lurus. Untuk langkah pertama yang dilakukan adalah dengan berjalan mundur lurus terlebih dahulu dengan jarak bahu jalan sekitar 20 cm. Setelah itu saat sudah sampai di belokan anda bisa memutar stir kemudi Anda. Untuk memutar kemudi bisa membelok dengan patokan roda belakang sudah sejajar dengan batas tikungan. Carilah patokan seperti batu, rumput atau tiang besi yang letaknya berada di tikungan.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

Yang penting jarak aman jangan sampai lupa 20 cm. Untuk laju mundur Mobil diharapkan secara perlahan. Gunakanlah kopling saja ketika membelok di tempat yang datar, jangan menekan gas supaya laju Mobil mundur berbelok secara perlahan. Jadi dengan Anda memutar kemudi secara penuh maka Mobil akan langsung membelok ke kiri secara tajam. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan spion bagian kiri jika berbelok ke kiri, begitu juga sebaliknya dengan berbelok ke kanan yang lebih diperhatikan spion kanan. Setelah bodi Mobil sudah hampir sejajar dengan pada tepi bahu jalan Anda bisa membalas kemudi Mobil. Setelah itu putar ke kanan atau ke kiri untuk mensejajarkan dengan batas tepi jalan setelah berbelok.

Itulah cara mengemudi mobil mundur, lurus dan berbelok. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan informasi ini sebanyak banyaknya di sosial media Anda supaya semakin banyak yang tau informasi ini.

Close Menu
Open chat
Butuh Bantuan? Konsultasi Gratis Disini
Halo, Ada yang Bisa Kami Bantu?