Pahami Cara Antisipasi PHK Agar Finansial Tetap Aman

Pahami Cara Antisipasi PHK Agar Finansial Tetap Aman

Beberapa waktu terakhir santer terdengar beberapa perusahaan yang akan melakukan pengurangan karyawan atau PHK. Salah satunya Krakatau Steel yang kabarnya siap melakukan PHK 1.300 orang karyawannya. Selain itu ada perusahaan otomotif Nissan dan Hero Supermarket yang akan melakukan PHK ribuan karyawannya.

PHK memang terdengar mengerikan, terlebih lagi tidak semua orang siap menghadapinya. Tak jarang PHK juga terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak semua pekerja siap menerimanya. Terlebih lagi bagi karyawan yang hanya memiliki satu sumber penghasilan yaitu menggantungkan pekerjaannya.

Meskipun tidak semua orang mengalaminya, tak ada salahnya jika sobat mengantisipasinya mulai sekarang. Hal ini bertujuan agar finansial sobat tetap aman dan terkendali, sehingga tidak perlu was was jika secara tiba-tiba sobat kehilangan pekerjaan utamanya.

Cara Antisipasi PHK Agar Kondisi Finansial Tetap Aman

Untuk menghadapi badai PHK yang mengerikan ini, seharusnya setiap pekerja siap menghadapi kondisi darurat ini kapanpun. Karena jika seorang karyawan hanya memiliki satu sumber penghasilan yaitu dari pekerjaannya, maka tentunya ketika PHK terjadi, kondisi finansialnya terancam terganggu. Jadi, mari lakukan hal-hal berikut ini untuk menjaga kondisi finansial sobat:

#1 Biasakan Menabung

Sisihkan sekian persen dari gaji sobat untuk menabung. Ingat! selagi kamu masih punya pekerjaan tetap, jangan sampai terlena kemudian hanya hura-hura. Jangan hidup hanya untuk hari ini saja. Jadi, ketika tiba-tiba terkena PHK, seseorang yang punya tabungan tentu akan lebih tenang dibandingkan yang tidak.

Cara menabung yang efektif adalah sobat bisa sisihkan dulu untuk menabung sebelum menggunakannya untuk kebutuhan lain. Supaya lebih semangat menabung, tentukan tujuan sobat. Misalnya, menabung agar bisa melaksanakan ibadah Umroh atau menabung untuk mengumpulkan uang muka rumah.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

#2 Kumpulkan Dana Darurat

Dana darurat berbeda dengan tabungan. Idealnya, setiap orang atau keluarga memiliki dana darurat yang akan berguna untuk menghadapi situasi darurat. Jumlah ideal dana darurat untuk setiap orang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing orang.

Jumlah dana darurat secara umum bisa mencapai 6 – 15 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan. Kalau masih lajang, idealnya punya dana darurat 6 kali rata-rata pengeluaran bulanan. Kalau sudah menikah dan belum punya anak, jumlahnya mencapai 6-9 kali rata-rata pengeluaran bulanan keluarga.

Untuk keluarga dengan satu anak, dana darurat sebaiknya berjumlah 9-12 kali pengeluaran bulanan keluarga. Sedangkan untuk keluarga dengan dua anak, jumlahnya sebaiknya mencapai 12-15 kali rata-rata pengeluaran bulanan keluarga.

#3 Tutup Semua Hutang

Kalau sobat punya sederet utang, prioritaskan untuk segera menyelesaikan utang dengan bunga tinggi. Misalnya saja kamu mendapatkan bonus dari kantor dengan jumlah yang lumayan, prioritaskan untuk melunasi utang kartu kredit atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Tentunya jika salah satu utangmu lunas, ketika kondisi finansialmu terganggu karena PHK, kamu tidak akan terlalu kelimpungan. Disaat sedang tidak ada penghasilan tetap, kamu tidak pusing dengan urusan pembayaran cicilan.

#4 Cari sumber penghasilan tambahan

Jangan hanya mengandalkan 1 sumber penghasilan saja, mulai sekarang cari sumber penghasilan tambahan sebagai penghasilan cadangan. Sobat bisa memanfaatkan waktu saat malam hari atau ketika akhir pekan untuk mencari penghasilan tambahan.

Tentunya dengan adanya penghasilan tambahan, kamu juga bisa mengumpulkan tabungan lebih banyak lagi. Namun ingat ya, jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan tambahan kalau kamu kesulitan membagi waktu. Dan, tetap utamakan kesehatanmu. Jangan sampai sakit karena kelelahan mengurus pekerjaan sampingan.

Itulah Cara Antisipasi PHK Agar Finansial Tetap Aman, semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Butuh Dana Cepat? BFI Finance Gadai BPKB Mobil 1 Hari Cair 082363222111

 

Close Menu
Open chat
Butuh Bantuan? Konsultasi Gratis Disini
Halo, Ada yang Bisa Kami Bantu?